Welcome to Guidance and Counseling

Tuesday 25 May 2010

Peran Konselor Sekolah


Koran Sore Wawasan, 31 Maret 2010
Menanggapi berbagai pernyataan bahwa permasalahan-permasalahan siswa cenderung dibebankan pada guru BK semata tanpa adannya ”keikutsertaan” guru mapel yang dimana tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) selain mengajar juga melatih, mendidik dan membimbing, hal itu perlu ditindaklanjuti dan dipahami oleh berbagai pihak agar saling memahami tugas pokok fungsinya masing-masing sehingga bisa bekerjsama dan terintegerasi menjadi satu kesatuan yang baik dalam memajukan dunia pendidikan.
Seperti halnya guru BK yang selalu mensosialisasikan tupoksinya kepada kepala sekolah, rekan guru, peserta didik dan pihak-pihak yang berkepentingan melalui pamflet, selebaran ataupun web dan media lainnya. Peran guru BK sendiri dalam hal ini sangatlah penting diantaranya mensosialisasikan tupoksinya baik dari merumuskan kegiatan, melaksanakan kegiatan dan melaporkan kegiatan kepada pimpinan, serta hal-hal yang tidak boleh dilakukan oleh guru BK yang dapat mengurangi keefektifan pelayanan konselingpun disosialisasikan secara berkelanjutan. Kepala sekolah dalam hal ini juga bisa menjembatani guru BK dengan guru mapel dan wali kelas untuk bekerjasama dalam membimbing siswanya. Seyogyanya, guru mapel juga mau memahami tugas pokok fungsinya sebagai pembimbing siswa yang selalu bekerjasama dengan guru BK dan pihak lain.
Peran LPTK Perguruan Tinggi khususnya jalur pendidikan sudah sangat baik dalam meluruskan sudut pandang tupoksi antara konselor sekolah dengan guru mapel, yaitu dengan menerapkan ilmu dasar bimbingan konseling ke dalam mata kuliah umum untuk semua program pendidikan. Dengan ini, harapan ke depan bahwa calon-calon pendidik bisa memahami tugas pokok dan fungsinya masing-masing serta bisa bekerjasama dengan guru BK untuk membimbing siswanya agar terjadi keselarasan dalam mencetak generasi muda yang berkualitas (unggul dalam mutu) dan bersikap yang baik (santun dalam perilaku).

Guru BK SMP 1 Wiradesa
HANUNG SUDIBYO, M.Pd.