Welcome to Guidance and Counseling

Saturday 31 May 2014

Tips Bagi Konselor/Guru BK Pemula

Apakah Anda Konselor/Guru BK Pemula?Anda juga kebingungan dalam Melaksanakan Peran Guru BK sesuai Tupoksinya? Sementara masih banyak sekolah maupun masyarakat yang memandang guru BK sebagai polisi sekolah?
Tidak bisa dipungkiri, dari Tahun 1960an BK masuk ke Indonesia sampai sekarang ini masih terdapat pemahaman yang salah baik dari sekolah maupun orang tua bahwa tugas guru BK adalah sebagai polisi sekolah...hal itu disebabkan banyak hal, namun dari diri kita sendiri sebagai guru BK yang harusnya senantiasa instrospeksi apa sudah maksimal kita dalam berjuang dan bekerja untuk merubah citra BK sebagai polisi sekolah?
Berikut Tips Pengalaman Saya Menjadi Konselor/Guru BK Pemula yang Profesional :
Masih banyaknya Guru maupun Pemimpin Sekolah yang beranggapan bahwa Tugas Guru BK adalah "Polisi Sekolah" yang senantiasa mengurusi pelanggaran siswa dan menghukum siswa, sementara Anda sendiri merupakan Guru BK/Konselor Pemula + Guru Honorer...bagaimana dalam menyikapinya?
1. Ikuti Arus Terlebih Dahulu
    Ketika anda baru awal pertama kali menjadi Guru BK, jangan pernah menentang arus yang ada di   sekolah, baik itu menurut anda sangat salah bahkan mencederai tugas sebagai guru BK. Ikuti terlebih dahulu apa tugas yang diberikan sekolah.
2. Pelajari Situasi
    Pelajari situasi sekolah, dengan melihat kekuatan sumber daya maupun kelemahan yang ada di sekolah tersebut.

Peran Guru BK dalam Implementasi Kurikulum 2013

Seiring perkembangan zaman dengan persaingan dalam mencari dunia kerja serta permasalahan siswa yang bingung dalam melanjutkan pendidikan maupun mencari pekerjaan, pendidik terutama Guru BK tentunya menyambut hangat gagasan konsep peminatan bagi guru BK dalam tugasnya di sekolah. Peran Guru BK di sekolah yaitu memberikan layanan yang profesional kepada siswa diantaranya meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan/penyaluran, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, layanan mediasi, dan layanan konsultasi ditambah layanan advokasi, serta kegiatan pendukung meliputi aplikasi instrumentasi, himpunan data, kunjngan rumah, konferensi kasus, alih tangan kasus dan kepustakaan. Dalam konsep kurikulum 2013 ini, peran guru BK ditambah Pelayanan Peminatan, walaupun pelayanan peminatan ini merupakan pengembangan dari layanan penempatan/penyaluran.

Friday 30 May 2014

Contoh RPL BK Individu

RKRENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/KEGIATAN PENDUKUNG
BIMBINGAN DAN KONSELING SMP DALAM KURIKULUM 2013

FORMAT KLASIKAL / NONKLASIKAL
TERJADWAL

I.          IDENTITAS
A.      Satuan Pendidikan                            :   SMP 1 Wiradesa
B.       Tahun Ajaran/Semester                   :   2014 / 2015  Semester 1
C.      Sasaran Pelayanan/Kelas                  :   VII ( 7 Kelas )
D.      Pelaksana                                           :   Konselor, S.Pd.
E.       Pihak Terkait                                  :  Anak dari orang tua siswa yang beda pendapat tentang study lanjut

II.          WAKTU DAN TEMPAT
A.      Tanggal                                              :   18 Agustus 2014
B.       Jam Pelayanan                                  : Diluar jam pembelajaran
C.      Volume Waktu (JP)                          :  2 JP
D.      Tempat Layanan                               :  Di Ruang kelas IX

III.          MATERI LAYANAN
A.  Tema/Subtema            : 1. Tema         : Kelanjutan Study
                                             2. Subtema     : bingung memilih sekolah lanjutan
B. Sumber Materi             : 

IV.          TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.    Pengembang KES      : agar konseli dapat menerima secara positif tentang study lanjut
B.     Penanganan  KES T  : agar konseli terhindar dari pemahaman yang keliru terhadap pemilihan study lanjut yang akan ditempuunya.

V.          METODE DAN TEKNIK
A.    Jenis layanan  : layanan konseling perorangan
B.     Kegiatan pendukung  :
VI.          SARANA
A.    Media               : tidak menggunakan sarana khusus
B.     Perlengkapan  : LCD . Laptop

Contoh RPL BK Kelompok

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

FORMAT NONKLASIKAL TERJADWAL

I.          IDENTITAS
A.      Satuan Pendidikan                            : SMP Pekalongan
B.       Tahun Ajaran                                    : 2014/ 2015, Semester I
C.      Sasaran Pelayanan                            : Semua Siswa Kelas VIII
D.      Pelaksana                                           : Konselor, S.Pd.
E.       Pihak Terkait                                     : Teman Sebaya Siswa

II.          WAKTU DAN TEMPAT
A.      Tanggal                                              :   24 September 2014
B.       Jam Pembelajaran/Pelayanan         :   Sesuai dengan kesepakatan di luar jam pembelajaran.

C.      Volume Waktu (JP)                          :   80 menit (masing-masing kelompok) -- 2 JP.
D.      Spesifikasi Tempat Belajar               :   Ruang BK

III.          MATERI PEMBELAJARAN
A.      Tugas Perkembangan           :  Memamntapkan cara-cara bertingkah laku yang dapat
   diterima dalam kehidupan sosial.
B.       Bidang                                    :  Pribadi
C.      Tema/ Sub tema                     : 1. Tema            : Kondisi Diri
2. Subtema        : Anti Narkoba: Say No to Drug
D.      Sumber Materi                      : Kondisi lingkungan dan pengalaman siswa.

IV.          TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.      Pengembangan KES : Siswa diharapkan mengetahui, mengenal, dan memahami aspek-aspek narkoba dan mampu menolak serta membentengi diri dari pemakaian narkoba dan dampaknya.

B.       Penanganan KES-T  : Siswa terhindar dari pengaruh buruk narkoba.
           
V.          METODE DAN TEKNIK
A.      Jenis Layanan                        : Bimbingan Kelompok (dengan topik tugas).
B.       Kegiatan Pendukung                        :  - - - - -
VI.          SARANA
A.    Media             : Gambar dan berita tentang narkoba
B.     Perlengkapan            :   - - - - -

Contoh RPL BK Klasikal



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
 A.      Topik Bahasan                             : Cara Meningkatkan Percaya Diri
B.       Bidang Bimbingan                       : Pribadi
C.       Jenis Layanan                               : Penguasaan Konten
D.      Fungsi Layanan                            : Pemahaman dan Pengembangan
E.       Tujuan dan Hasil yang Ingin Dicapai
1.      Tujuan Layanan                     : setelah kegiatan layanan ini, siswa dapat memahami tentang cara meningkatkan percaya diri.
2.      Hasil yang Ingin Dicapai       : siswa dapat mengembangkan percaya diri dengan aktif dalam kegiatan apapun di sekolah maupun luar sekolah.
F.        Sasaran Layanan                          : Siswa kelas VIII.1
G.      Uraian Kegiatan                           :
1.      Pembukaan
a.       Melakukan raport (membina hubungan baik)
b.      Melakukan apersepsi
c.       Menyampaikan tujuan layanan
2.      Inti
a.       Memberikan informasi cara meningkatkan percaya diri
b.      Meminta peserta maju ke depan kelas untuk perkenalan sebagai bentuk latihan dasar peningkatan percaya diri
3.      Penutup
a.       Menyimpulkan makna kegiatan layanan yang telah dilakukan
b.      Melakukan evaluasi kepada siswa setelah diberikan layanan
H.      Materi Layanan                : Terlampir

Thursday 29 May 2014

Panduan PKGBK



Panduan Penilaian Kinerja Guru BK ini berisi tentang Program BK, RPL, Materi, Instrumen Asessmen, Himpunan Data, Instrument Penilaian, Buku Agenda Kegiatan, Daftar Siswa Asuh, Peta Siswa, Cummulative Record, Lapelprog, Evaluasi, Buku Perkembangan Pribadi, Anekdot, Mekanisme, Kode Etik. Panduan ini merupakan hasil dari pelaksanaan Workshop Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan pada Bulan Oktober 2013 bekerjasama dengan LPMP Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan.
Panduan Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling ini semoga dapat memberikan manfaat berupa pedoman guru-guru BK di dalam melaksanakan Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling.
Silahkan Download : Panduan PKGBK

Kumpulan Materi BK Kurikulum 2013



Kumpulan ini berisi tentang Rencana Pelaksanaan Layanan (Satuan Layanan dan Satuan Pendukung), Kumpulan Materi Layanan Bimbingan Konseling Kurikulum 2013 dan Form Rekomendasi Peminatan Peserta Didik. Buku Kumpulan ini merupakan hasil dari pelaksanaan Workshop Pengelolaan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 yang dilaksanakan pada Bulan Maret 2014 bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Penjas dan BK Bogor dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan.
Kumpulan Materi Layanan Bimbingan dan Konseling Kurikulum 2013 ini semoga dapat memberikan manfaat berupa pedoman maupun arahan guru-guru BK di dalam melaksanakan layanan Bimbingan dan Konseling terutama terkait dengan Kurikulum 2013.
Silahkan Download Materi BK Kur 2013