RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
A. Topik
Bahasan : Cara
Meningkatkan Percaya Diri
B. Bidang
Bimbingan : Pribadi
C. Jenis
Layanan : Penguasaan
Konten
D. Fungsi
Layanan :
Pemahaman dan Pengembangan
E. Tujuan
dan Hasil yang Ingin Dicapai
1. Tujuan
Layanan : setelah kegiatan
layanan ini, siswa dapat memahami tentang cara meningkatkan percaya diri.
2. Hasil
yang Ingin Dicapai : siswa dapat
mengembangkan percaya diri dengan aktif dalam kegiatan apapun di sekolah maupun
luar sekolah.
F.
Sasaran Layanan : Siswa kelas VIII.1
G. Uraian
Kegiatan :
1. Pembukaan
a. Melakukan
raport (membina hubungan baik)
b. Melakukan
apersepsi
c. Menyampaikan
tujuan layanan
2. Inti
a. Memberikan
informasi cara meningkatkan percaya diri
b. Meminta
peserta maju ke depan kelas untuk perkenalan sebagai bentuk latihan dasar
peningkatan percaya diri
3. Penutup
a. Menyimpulkan
makna kegiatan layanan yang telah dilakukan
b. Melakukan
evaluasi kepada siswa setelah diberikan layanan
I.
Sumber Materi :
Sudrajat, Ahmad. 2007. Faktor Kurang Percaya Diri.
(www.akhmadsudrajat.wordpress.com)
J.
Pelaksanaan Layanan
1. Waktu : 1 x 40
menit
2. Biaya : Mandiri
3. Tempat : Ruang Kelas VIII.1
4. Hari/Tgl : Senin/5 Mei 2014
K. Metode : Ceramah dan
Praktik
L. Alat
dan Media : Laptop, LCD dan
Alat Tulis
M. Penyelenggara
Layanan : Konselor Sekolah (………..……………..)
N. Rencana
Penilaian/Evaluasi
1. Penilaian
Proses : dilaksanakan
pada saat pemberian layanan berlangsung dengan cara mengamati keaktifan,
kesungguhan dan keantusiasan siswa dalam menerima layanan yang diberikan.
2. Penilaian
Hasil : dilaksanakan
setelah kegiatan pemberian layanan selesai dilaksanakan dengan cara :
a.
Laiseg
: memberikan formulir laiseg yang harus diisi oleh siswa tentang
pemahaman layanan yang sudah diberikan (langsung setelah memberikan layanan)
b.
Laijapen
: mengevaluasi sejauh mana siswa dapat mengaplikasikan (setelah siswa
melaksanakan layanan)
c.
Laijapang : mengevaluasi sejauh mana siswa
benar-benar konsisten dalam melaksanakan layanan bimbingan (jangka panjang)
O. Analisis : dari hasil evaluasi /
penilaian dapat disimpulkan bahwa :
1. Dari
penilaian / evaluasi diketahui tingkat pencapaian materi dan pencapaian tujuan
layanan
2. Analisis
kegiatan untuk diketahui hambatan dan dukungan dalam pencapaian tujuan layanan
P.
Tindak Lanjut : melakukan tindak lanjut bagi siswa yang masih
belum percaya diri baik secara individu maupun kelompok
Q. Keterkaitan
Layanan dengan Jenis Layanan / Kegiatan Pendukung
Layanan Bimbingan Kelompok dan Layanan Konseling
Individu
R. Catatan
Khusus :
Pekalongan, Mei 2014
Pekalongan, Mei 2014
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Konselor
Sekolah
…………………….. ……………………..
NIP. NIP.
maaf ingin bertanya, itu kan dengan metode ceramah dan praktik, nah dalam praktiknya seperti apa yah pak.. terimakasih
ReplyDelete