Welcome to Guidance and Counseling

Sunday 1 June 2014

Manfaat Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK)

Upaya peningkatan kinerja guru terus digalakkan seiring dengan tunjangan profesi yang diterima oleh guru, hal itu merupakan suatu bentuk tanggung jawab dengan adanya kesejahteraan maka kinerja guru juga harus meningkat. Salah satunya dengan adanya aturan Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dan Angka Kredit guru, dari pedoman tersebut isinya diantaranya menjelaskan untuk memperoleh kenaikan jabatan mulai dari golongan IIIb dst diwajibkan untuk menyertakan hasil publikasi karya ilmiah yang salah satunya dapat diperoleh dari hasil melakukan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling bagi Guru BK, sedangkan bagi kenaikan jabatan mulai dari golongan IVa ditambah dengan membuat Artikel yang ber ISSN.
Hal ini menimbulkan pro kontra dari para guru BK di sekolah, ada yang mengharapkan tidak perlu atau menolak melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling karena membebani pekerjaan sekolah, ada yang setuju tetapi hanya prasyarat untuk kenaikan bentuk penghargaan bukan untuk kewajiban.
Apapun keputusan maupun pilihannya, mari kita pandang sisi positif maupun manfaatnya. dari hasil observasi yang saya lakukan terkait penelitian tindakan bimbingan dan konseling di kabupaten pekalongan, memang pada awalnya sebagian besar merasa pusing maupun bingung dalam melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. namun ketika sudah mulai melaksanakan dan menghadapi sendiri proses penelitian tindakan bimbingan dan konseling, mereka merasa senang bisa melakukannya dan sebagian besar banyak yang berhasil dan tuntas menyelesaikan PTBK.

Pada dasarnya, guru melakukan penelitian tindakan bimbingan dan konseling itu hal biasa yang dilakukan setiap hari sebagai tugas pokok sebagai guru BK yaitu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa, hanya saja guru tidak dibiasakan menuangkan kegiatan pelayanan tersebut dalam suatu bentuk tulisan berupa karya tulis. Sebenarnya mereka juga sudah melaksanakan proses penelitian yaitu pada saat Skripsi, hal ini merupakan sisi positif bagi guru agar teringat kembali memory proses penelitian dahulu dan dapat meningkatkan kreatifitas guru BK dalam selalu berusaha menciptakan karya dengan berfikir dan menuangkan ide-idenya dalam bentuk PTBK.
Maka dapat diambil simpulan bahwa manfaat Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling bagi Guru BK:
1. Menggugah ingatan kembali proses Penelitian Skripsi yang sudah lama dilupakan
2. Mengembangkan Kognitif Guru BK dengan selalu berfikir untuk menciptakan suatu kreasi pelayanan kepada siswa
3. Tersalurkannya ide-ide Guru BK yang selama ini bingung dalam menulis
4. Kepuasan Batin dan Kepercayaan Guru BK meningkat ketika mampu menulis idenya dalam bentuk karya tulis dan diakui
5. Siswa merasa senang dengan pelayanan guru BK yang selalu berkreasi sehingga berdampak pada semangat siswa dalam berprestasi di sekolah

No comments:

Post a Comment