Welcome to Guidance and Counseling

Saturday 31 May 2014

Tips Bagi Konselor/Guru BK Pemula

Apakah Anda Konselor/Guru BK Pemula?Anda juga kebingungan dalam Melaksanakan Peran Guru BK sesuai Tupoksinya? Sementara masih banyak sekolah maupun masyarakat yang memandang guru BK sebagai polisi sekolah?
Tidak bisa dipungkiri, dari Tahun 1960an BK masuk ke Indonesia sampai sekarang ini masih terdapat pemahaman yang salah baik dari sekolah maupun orang tua bahwa tugas guru BK adalah sebagai polisi sekolah...hal itu disebabkan banyak hal, namun dari diri kita sendiri sebagai guru BK yang harusnya senantiasa instrospeksi apa sudah maksimal kita dalam berjuang dan bekerja untuk merubah citra BK sebagai polisi sekolah?
Berikut Tips Pengalaman Saya Menjadi Konselor/Guru BK Pemula yang Profesional :
Masih banyaknya Guru maupun Pemimpin Sekolah yang beranggapan bahwa Tugas Guru BK adalah "Polisi Sekolah" yang senantiasa mengurusi pelanggaran siswa dan menghukum siswa, sementara Anda sendiri merupakan Guru BK/Konselor Pemula + Guru Honorer...bagaimana dalam menyikapinya?
1. Ikuti Arus Terlebih Dahulu
    Ketika anda baru awal pertama kali menjadi Guru BK, jangan pernah menentang arus yang ada di   sekolah, baik itu menurut anda sangat salah bahkan mencederai tugas sebagai guru BK. Ikuti terlebih dahulu apa tugas yang diberikan sekolah.
2. Pelajari Situasi
    Pelajari situasi sekolah, dengan melihat kekuatan sumber daya maupun kelemahan yang ada di sekolah tersebut.

3. Sosialisasikan dengan bahasa yang tepat
   Setelah mempelajari, mulai sosialisasikan tugas BK dengan bahasa yang tepat kepada pimpinan sekolah, rekan guru, orang tua, siswa maupun pihak lain. Sosialisasikan tugas BK melalui selebaran/pamflet, maupun media internet seperti blog dsb.
4. Tindakan Kerja
   Menunjukkan kinerja yang layak sebagai guru pada umumnya, maupun melakukan pengembangan seperti menulis artikel di koran, aktif dalam organisasi BK, merekam kegiatan BK, membuat peraga layanan BK maupun kegiatan apa saja sehingga guru maupun warga sekolah tertarik untuk bertanya tugas BK yang sebenarnya, dari itu anda bisa menjelaskan tugas BK dengan jelas.
5. Pengembangan Diri
   Mengembangkan diri dengan sering mengikuti pelatihan, seminar, workshop, FGD maupun bertanya informasi pengembangan BK kepada para pakar BK dsb.
6. Melayani Klien
   Selain tugas utama melayani klien menerima ungkapan masalah, melakukan observasi, melakukan pendekatan kepada klien, perlu juga dalam menerima ungkapan masalah selain siswa dipanggil maupun datang sendiri ke ruang BK, dapat mengunakan Kotak Masalah, Email, HP maupun media cybercounseling lainnya dengan tujuan klien yang belum berani mengungkapkan masalahnya dapat lebih nyaman tanpa harus datang menemui guru BK.

Demikian sedikit tips bagi Guru BK/Konselor Pemula...Terimakasih

6 comments:

  1. mantab, sob, sedikit tapi bermanfaat..

    http://obattraditional.com/

    ReplyDelete
  2. KEREN BANGET BLOG NYA PAK. MKSH

    ReplyDelete
  3. jadi tahu apa yang mesti dilakukan pertama kali

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. yaa jdi bsa dcoba :)
    smongga bemanfaat bgi guru bky

    ReplyDelete
  6. Doakan saya semua temen temen...basic saya guru bahasa inggris di sma tepat hari ini saya diberi tugas tambahan menjadi guru BK yg sama sekali saya ngblank apa yg harus saya lakukan tetapi saya sngat bahagia ditunjuk menjadi guru BK.semoga saya bisa menjadi guru bk yg baik dan menyenangkan

    ReplyDelete