Welcome to Guidance and Counseling

Friday 30 May 2014

Contoh RPL BK Klasikal



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
 A.      Topik Bahasan                             : Cara Meningkatkan Percaya Diri
B.       Bidang Bimbingan                       : Pribadi
C.       Jenis Layanan                               : Penguasaan Konten
D.      Fungsi Layanan                            : Pemahaman dan Pengembangan
E.       Tujuan dan Hasil yang Ingin Dicapai
1.      Tujuan Layanan                     : setelah kegiatan layanan ini, siswa dapat memahami tentang cara meningkatkan percaya diri.
2.      Hasil yang Ingin Dicapai       : siswa dapat mengembangkan percaya diri dengan aktif dalam kegiatan apapun di sekolah maupun luar sekolah.
F.        Sasaran Layanan                          : Siswa kelas VIII.1
G.      Uraian Kegiatan                           :
1.      Pembukaan
a.       Melakukan raport (membina hubungan baik)
b.      Melakukan apersepsi
c.       Menyampaikan tujuan layanan
2.      Inti
a.       Memberikan informasi cara meningkatkan percaya diri
b.      Meminta peserta maju ke depan kelas untuk perkenalan sebagai bentuk latihan dasar peningkatan percaya diri
3.      Penutup
a.       Menyimpulkan makna kegiatan layanan yang telah dilakukan
b.      Melakukan evaluasi kepada siswa setelah diberikan layanan
H.      Materi Layanan                : Terlampir
I.         Sumber Materi                 :
Sudrajat, Ahmad. 2007. Faktor Kurang Percaya Diri. (www.akhmadsudrajat.wordpress.com)
J.         Pelaksanaan Layanan
1.      Waktu                                    : 1 x 40 menit
2.      Biaya                          : Mandiri
3.      Tempat                       : Ruang Kelas VIII.1
4.      Hari/Tgl                      : Senin/5 Mei 2014
K.      Metode                             : Ceramah dan Praktik
L.       Alat dan Media                : Laptop, LCD dan Alat Tulis
M.     Penyelenggara Layanan   : Konselor Sekolah (………..……………..)
N.      Rencana Penilaian/Evaluasi
1.      Penilaian Proses         : dilaksanakan pada saat pemberian layanan berlangsung dengan cara mengamati keaktifan, kesungguhan dan keantusiasan siswa dalam menerima layanan yang diberikan.
2.      Penilaian Hasil           : dilaksanakan setelah kegiatan pemberian layanan selesai dilaksanakan dengan cara :
a.    Laiseg    : memberikan formulir laiseg yang harus diisi oleh siswa tentang pemahaman layanan yang sudah diberikan (langsung setelah memberikan layanan)
b.    Laijapen  : mengevaluasi sejauh mana siswa dapat mengaplikasikan (setelah siswa melaksanakan layanan)
c.    Laijapang : mengevaluasi sejauh mana siswa benar-benar konsisten dalam melaksanakan layanan bimbingan  (jangka panjang)
O.      Analisis                : dari hasil evaluasi / penilaian dapat disimpulkan bahwa :
1.    Dari penilaian / evaluasi diketahui tingkat pencapaian materi dan pencapaian tujuan layanan
2.    Analisis kegiatan untuk diketahui hambatan dan dukungan dalam pencapaian tujuan layanan
P.        Tindak Lanjut      : melakukan tindak lanjut bagi siswa yang masih belum percaya diri baik secara individu maupun kelompok
Q.      Keterkaitan Layanan dengan Jenis Layanan / Kegiatan Pendukung
Layanan Bimbingan Kelompok dan Layanan Konseling Individu
R.       Catatan Khusus    :                                       
                                                                              Pekalongan,   Mei 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                          Konselor Sekolah
……………………..                                 ……………………..
            NIP.                                                            NIP.

1 comment:

  1. maaf ingin bertanya, itu kan dengan metode ceramah dan praktik, nah dalam praktiknya seperti apa yah pak.. terimakasih

    ReplyDelete